Meriahkan Suasana Idul Fitri 1445 H, akan di Gelar Takbir  Keliling Pulau Midai

Meriahkan Suasana Idul Fitri 1445 H, akan di Gelar Takbir  Keliling Pulau Midai
Suasana rapat dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hiriah (foto:zani)

Riaukarya.com.Natuna- Pemerintah Kecamatan Midai, melakukan rapat  dalam rangka memeriahkan Idul Fitri 1445 Hijriah mendatang, di Kantor Camat Midai, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (4/4/2024) pagi.

Hadir dalam rapat tersebut FKPK Kecamatan Midai, KUA Kecamatan Midai, Pengurus Masjid dan Surau se-Pulau Midai.

Camat Midai,  Zulfani Afwan, S.IP, menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu cara masyarakat  dalam menyambut hari kemenangan.

Dikatakannya pula, para tokoh Pulau Midai dari dulu sudah menggagas kegiatan positif ini, maka dari itu sebut Zulfani, masyarakat harus tetap menjaga serta melestarikannya. 

"Mari kita ramaikan dan kita sukseskan kegiatannya," sebut Camat Midai 

Ketua pelaksana kegiatan,  Safarudin, S.PD.SD, juga mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan di Pulau Midai.

"Dan untuk tahun ini takbir dan Tosa hias akan kita nilai dan kita lombakan," ucap Safarudin, melalui pesan singkatnya.

Kata Safarudin, Sebelum pelepasan peserta takbir keliling nantinya akan diadakan serangkaian acara yaitu pembacaan Ayat Suci Al-Quran, sambutan, penyalaan kembang api dan dikumandangkan suara Takbir secara serentak.
"Peserta pawai akan mengelilingi Kelurahan Sabang Barat Midai, dilanjutkan dengan mengelilingi Pulau Midai, dan berakhir finis kembali di Astaka Kecamatan Midai," kata Safarudin.

Lebih lanjut Safarudin, membeberkan kegiatan ini merupakan agenda yang sangat positif, selain mensyiarkan agama Islam, sekaligus silaturahmi, memupuk rasa persaudaraan antara sesama masyarakat pulau Midai.

Ajang ini juga menjadi daya tarik tersendiri, yang mana menjadi salah satu hiburan juga buat masyarakat Pulau Midai.

Acara dilaksanakan dengan transportasi seadanya, yaitu berupa kendaraan Tosa (kendaraan roda tiga) yang disolek sedemikian rupa lalu diberikan lampu warna warni dengan dihiasi daun janur (daun kelapa muda).

Nantinya juga akan menyediakan Tosa untuk  beduk. untuk rombongan penggembira  biasanya terdiri dari anak-anak santri TPQ diwilayah masing-masing.(RK/Zani)

Berita Lainnya

Index